Selasa, 31 Desember 2013

Filled Under:

Daftar artefak terkait Alkitab (3)

Abad ke-6 SM

 Replika Kalender Gezer di Gezer, Israel.

Abad ke-5 SM

 Stempel segel LMLK; Redondo Beach koleksi #22

Abad ke-2 SM

 Kain Kafan dari Torino (Turin Shroud): foto wajah, film positif (kiri), film negatif (kanan). Catatan: foto negatif diubah kontrasnya.

Abad ke-1 SM

  • Bait Allah Herodes (Herod's temple) (c. 19 SM)
  • Western Wall – (~ 19 SM) adalah suatu situs keagamaan penting bagi oranng Yahudi yang terletak di kota tua Yerusalem. Dibalik tembok tersebut, setengah dari tembok, termasuk 17 anak tangga yang berada di bawah permukaan jalan, berasal dari akhir zaman Bait Suci kedua, mulai dibangun pada tahun 19 SM oleh Herodes Agung. Lapisan sisanya ditambahkan sejak abad ke-7 M dan seterusnya.
  • Inskripsi dari Bait Suci Kedua – dari akhir abad ke-1 SM. Berisi peringatan bagi orang asing untuk tidak memasuki batas Bait Suci dengan ancaman hukuman siksaan sampai mati.
 "Shebna lintel", dari makam pengurus istana yang ditemukan di Siloam, bertarikh abad ke-7 SM.

Abad ke-1 M

Abad ke-2 M

Periode yang tidak jelas

  • "Ostrakon" dari zaman alkitabiah (pecahan keramik yang dipakai untuk menulis catatan pendek di zaman kuno) sering ditemukan dalam penggalian arkeologis. Sebuah ostracon yang ditemukan di lembah Elah memuat kemungkinan contoh tertua tulisan bahasa Ibrani.
  • Bulla milik Gedalyahu/Galihu Ben Immer – Sebuah bulla diekskavasi dan memuat bagi sebuah nama "Galihu putra Imer", saudara "Pashur bin Imer" yang disebutkan dalam Kitab Yeremia (Yeremia 20:1 sebagai imam dan pejabat Bait Suci.[41][42]
  • Gua Makhpela (Cave of the Patriarchs) – Bangunan yang terletak di kota kuno Hebron, merupakan tempat paling suci kedua bagi orang Yahudi (setelah bukit Bait Allah di Yerusalem) dan juga dikeramatkan oleh orang Kristen dan Islam yang semuanya meyakini tempat itu merupakan kuburan tiga pasang tokoh Alkitab terhormat: (1) Abraham dan Sara; (2) Ishak dan Ribka; (3) Jakub dan Lea.
  • Foundation Stone – batu yang juga disebut "Sumur Jiwa-jiwa" (Well of Souls), sekarang terletak di dalam Dome of the Rock. Menurut Alkitab, raja Daud membeli tempat pemerasan anggur milik Araunah orang Yebus,[43] dan orang percaya bahwa di atas batu inilah Daud mempersembahkan korban seperti dicatat dalam ayat Alkitab tersebut. Daud berniat untuk membangun Bait Allah di Yerusalem, tetapi karena tangannya banyak menumpahkan darah, ia dilarang melakukannya sendiri. Proyek itu dilaksanakan oleh putranya, raja Salomo, yang menyelesaikan Bait Suci Pertama pada sekitar tahun 950 SM.
  • Pim weight – bukti penggunaan sumber asing pada Kitab Samuel karena pemakaian istilah kuno.
  • "Daftar budak Sifrah" (Shiphrah slave list) – Sifrah adalah salah satu dari dua bidan yang membantu mencegah pembunuhan bayi-bayi laki-laki Israel atas perintah Firaun menurut Kitab Keluaran (Keluaran 1:15–21). Nama ini ditemukan dalam daftar budak-budak di Mesir pada masa pemerintahan Firaun Sobekhotep III. Daftar terdapat pada Brooklyn 35.1446, sebuah gulungan papirus yang disimpan di Brooklyn Museum.
  • Kota Susan – Susan disebut dalam bagian Ketuvim di Alkitab, terutama dalam Kitab Ester, tetapi juga masing-masing satu kali dalam Kitab Nehemia dan Kitab Daniel. Baik Daniel dan Nehemia tinggal di kota Susan selama Pembuangan ke Babel pada abad ke-6 SM. Alkitab mencatat bahwa Ester dinobatkan menjadi ratu di kota ini, dan menyelamatkan orang Yahudi dari pembantaian. Makam Daniel dikatakan ada di sana, dikenal sebagai Shush-Daniel. Makam itu ditandai dengan kerucut batu putih yang unik, tidak beraturan maupun simetri. Banyak pakar percaya bahwa itu asalnya adalah Bintang Daud.
  • Makam Daniel (Tomb of Daniel) (sebelum 1160 M)
  • Makam Rahel (Rachel's Tomb) di dekat Bethlehem (sebelum abad ke-4 M)
  • Prasasti Uzia (Uzziah Tablet) – (Abad ke-8 SM atau 30-70 M?) prasasti kontroversial ditemukan pada tahun 1931 oleh Professor Eleazar L. Sukenik dari Hebrew University of Jerusalem dalam suatu biara Rusia.
  • Warren's Shaft – sebuah saluran yang kemungkinan sesuai dengan kisah Yoab, panglima raja Daud, merupakan jalur penyerangan mendadak terhadap orang-orang Yebus yang menguasai Yerusalem.
  • Kolam Betesda (Pool of Bethesda) – Pada abad ke-19, arkeolog menemukan bekas kolam tepat seperti yang digambarkan dalam Injil Yohanes.
  • Sumur dari Bait Suci pertama (First Temple period water cistern) di Yerusalem, dekat Bukit Bait Suci (Temple Mount), ditemukan tahun 2012. Tempat cadangan air yang besar ini dibangun antara tahun 1000-586 SM. Menurut Dr. Tvika Tsuk, kepala arkeolog "Israel Nature and Parks Authority", sumur ini digunakan oleh peziarah yang naik ke Bait Suci.[44][45]
(Bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.