Detail "Arch of Titus" menunjukkan jarahan dari Kejatuhan Yerusalem oleh Titus pada tahun 70 M. Digambarkan di sini menorah dari Bait Suci dan trumpet, serta Meja Roti.
Black Obelisk 841 SM. Gambar seorang Israel tertua yang pernah ditemukan: kemungkinan Yehu putra Omri, atau duta yang diutus Yehu, bersujud di kaki raja Salmaneser III.
2000 SM
- Epos Gilgames atau Prasasti Air Bah (Deluge Tablet) – merupakan catatan Babilonia tentang air bah (lihat Nuh).
- Epos Atrahasis - memuat kisah penciptaan dan air bah dari Babilonia.
- Prasasti-prasasti hukum (Law tablets) – sejumlah prasasti berisi hukum di wilayah Timur Dekat kuno: Piagam Hammurabi (Code of Hammurabi), Hukum Eshnuna (Laws of Eshnunna, sekitar 1930 SM), Kode Ur-Nammu (Code of Ur-Nammu), raja Ur (sekitar 2050 SM), dan Kodeks Lipit-Ishtar dari Isin (Codex of Lipit-Ishtar of Isin) (sekitar 1870 SM).[3] Prasasti hukum lain setelah zaman Hammurabi antara lain Kode Nesilim (Code of the Nesilim),[4] Hukum orang Het (Hittite laws), Hukum Asyur (Assyrian laws), dan "613 Mitzvot" dari Hukum Musa, yang meliputi Sepuluh Perintah (Ten Commandments).
- Tulisan-tulisan orang Het (Hittite texts) (Abad ke-17 SM dan seterusnya)
- Ledakan gunung Minoa (Minoan Eruption) - bekas abu yang ditemukan di berbagai tempat penggalian (Tel) bertanggalkan Zaman Perunggu Akhir
Lachish relief – Tawanan Yehuda dibawa ke perbudakan oleh orang Asyur setelah kota Lakhis jatuh pada tahun 701 SM, yang juga terpelihara baik dalam rangkaian ukiran yang pernah menghiasi istana raja Asyur, Sanherib di Ninewe.[1]
1500 SM
- Teks keagamaan Ugarit (Ugaritic religious texts) – (Abad ke-14 – 12 SM) mendukung catatan Filo, diawetkan dalam tulisan Eusebius, berkaitan dengan agama-agama orang Kanaan.
- Surat-surat Amarna (c. 1300-an SM) – lempengan tanah liat berisi surat-surat korespondensi antara pemerintah Mesir dengan sejumlah pemimpin negara atau daerah di Timur Tengah, termasuk di Kanaan dalam periode Kerajaan Baru Mesir.
- Papirus Ipuwer (c. Abad ke-13 SM) – naskah papirus kuno yang menggambarkan Mesir sedang dilanda bencana alam dan dalam keadaan kacau. Mengandung pernyataan seperti "sungai menjadi darah" dan sejumlah keterangan yang dianggap sebagai catatan orang Mesir mengenai sepuluh tulah yang dicatat dalam Kitab Keluaran di Alkitab.[5][6]
- Keramik Midian (Midianite pottery) – (Abad ke-13 sampai 12 SM) Alkitab mencatat bahwa Musa tinggal di daerah Midian selama 40 tahun di antara waktu ia melarikan diri dari Mesir setelah membunuh seorang Mesir,[7] sampai kembali untuk memimpin bangsa Israel ke luar dari Mesir.[8] Selama di Midian, ia menikahi Zipora, putri Yitro, imam di Midian. Di masa-masa kemudian, orang Midian menjadi musuh dan penjajah orang Israel, paling sedikit sebagai hukuman Allah terhadap penyembahan berhala oleh orang Israel.[9]
- Prasasti Merneptah (Merneptah Stele) (c. 1209/1208 SM).- salah satu rujukan tertua tentang Kerajaan Israel atau bangsa Israel.
Silinder Koresh, tentang perlakuan raja Koresh terhadap agama, berkaitan penting dengan Kitab Tawarikh, Kitab Ezra dan Kitab Nehemia.
Abad ke-10 SM
- Gerbang berkamar enam (6-chamber gates) - (Abad ke-10 SM) - "Gerbang-gerbang ini ditemukan di Hazor, Megido, Gezer, serta Lakhis, dan khususnya oleh Yigael Yadin dihubungkan dengan proyek pembangunan raja Salomo." [1]
- Inskripsi Khirbet Qeiyafa (Khirbet Qeiyafa inscription/pottery sherd) – (Abad ke-10 SM) Inskrispsi yang ditemukan dalam ekskavasi dekat lembah Elah, Israel.[10]
- Kalender Gezer (Gezer calendar) (Abad ke-10 SM) – kalender dari kota Gezer yang disebut di Alkitab. Salah satu contoh tulisan bahasa Ibrani tertua.
- Keramik Tell es-Safi (Tell es-Safi Potsherd) (Abad ke-10 sampai pertengahan ke-9 SM) – Potsherd bertulisan dua nama "alwt" dan "wlt", secara etimologi berkaitan dengan nama Goliat dan menunjukkan bahwa nama itu cocok dengan konteks budaya Filistin di akhir abad ke-10 sampai awal abad ke-9 SM. Ditemukan di Tell es-Safi, yang merupakan identifikasi tradisional untuk kota kuno Gat.
- Struktur Batu Besar (Large Stone Structure) – diduga lokasi istana raja Daud (penanggalan sementara abad ke-10 sampai ke-9 SM).
- Struktur Batu Bertingkat (Stepped Stone Structure) – (1000-900 SM) - diduga adalah bangunan orang Yebus, Millo, atau bagian dari "Struktur Batu Besar", yang diyakini sebagai bagian dari istana raja Daud.
- Gerbang Bubastis (Bubastis portal) – memuat seri inskripsi yang mengisahkan serangan Firaun Shishaq ke Yudea dan Israel (diyakini pada tahun 925 SM), terletak di luar Kuil Amun di Karnak.(1 Raja-raja 14:25; 2 Tawarikh 12:1–12).[11]
- Ukiran Shishak (Shishaq Relief) – menggambarkan kemenangan raja Shishak atas Yehuda (diduga raja Rehabeam ~ 925 SM, pada saat menjarah Bait Allah yang didirikan oleh Salomo di Kerajaan Yehuda).
- Tempat pemujaan Khirbet Qeiyafa (Khirbet Qeiyafa shrines) - barang-barang pemujaan yang dilihat sebagai bukti "penyembahan berhala di Yehuda pada zaman raja Daud" dan dengan ciri-ciri (triglyph dan pintu yang tersembunyi) mirip dengan gambaran Bait Allah yang didirikan oleh Salomo.[12]
- Ostrakon Isbeth Sartah (Isbeth Sartah ostracon) - ostrakon bertulisan yang berasal dari abad ke-11 SM dan memuat bahasa Proto-Kanaan. Aaron Demsky menganggapnya "tulisan tertua yang muncul dari lingkungan budaya Ibrani." Juga dianggap sebagai contoh kemampuan baca tulis di masa purba.[13]
Prisma Taylor dipajang di British Museum. Menggambarkan pengepungan raja Asyur Sanherib terhadap Yerusalem pada tahun 701 SM dalam masa pemerintahan raja Hizkia, yang dicatat juga oleh Herodotus dan di Alkitab yaitu dalam Kitab Yesaya pasal 33 dan 36; 2 Raja-raja 18:17; 2 Tawarikh 32:9. Foto oleh David Castor.
Abad ke-9 SM
- Inskripsi Citadel Amman (Amman Citadel Inscription – Inskripsi dari abad ke-9 SM dalam bahasa Amon, satu dari sedikit tulisan peninggalan bangsa Amon.
- Prasasti Tel Dan (Tel Dan Stele) – (abad ke-9 SM) prasasti memperingati kemenangan orang Aram terhadap orang Israel yang mengandung nama "Daud".
- Melcarth/Ben-Hadad stele – (Abad ke-9 sampai ke-8 SM) William F. Albright mengidentifikasi Bir-hadad dengan raja Aram Benhadad I, yang sezaman dengan raja Asa dan Baesa di Israel.
- Stempel Yukhal (Seal of Jehucal) – (Abad ke-9 SM ?) Yehukal atau Yukhal yang disebut dalam Kitab Yeremia pasal 37 dan 38 di mana ditulis bahwa raja Zedekia menyuruh Yukhal bin Selemya dan imam Zefanya bin Maaseya kepada nabi Yeremia untuk meminta: "Berdoalah hendaknya untuk kami kepada TUHAN, Allah kita!" (Yeremia 37:3).
- Prasasti Kurkh (Kurkh Monolith) (~859–824 SM) - British Museum – menyebut nama raja Ahab dari Israel, didirikan oleh Shalmaneser III untuk memperingati Pertempuran Karkar, di mana Ahab berpartisipasi bersama banyak pemimpin daerah setempat.
- Prasasti Obelisk Hitam (Black Obelisk of Shalmaneser III) (~858–824 SM) - British Museum – Prasasti ini menggambarkan Yehu "putra" Omri (seorang raja Israel yang disebut dalam Kitab 2 Raja-raja), atau duta yang dikirim Yehu, membayar upeti kepada raja Asyur Shalmaneser III (~825 SM); salah satu gambar tertua yang ditemukan dari seorang bangsa Israel. Tulisannya mencatat "upeti dari Yehu, putra Omri: aku menerima darinya perak, emas, mangkok emas, vas emas dengan dasar runcing, guci emas, timba emas, timah, tongkat raja [dan] tombak-tombak."
- Ostraca House – (~850 SM, atau sebelum 750 SM) 64 ostraca yang dapat dibaca ditemukan dalam penyimpanan harta rajaAhab – ditulis dengan huruf kuno Ibrani.
- Mesha Stele (juga disebut Batu Moab; Moabite stone) (c. 850 SM) – sebuah prasasti dari daerah sebelah timur sungai Yordan yang menggambarkan kemenangan raja Moab Mesa terhadap Kerajaan Israel. Pakar Perancis André Lemaire menemukan bahwa baris ke-31 Prasasti ini mengandung frasa "Rumah Daud" (dalam Biblical Archaeology Review [May/June 1994], halaman 30–37).
- Balaam inscription (c. 840–760 SM)[14] Prasasti dari abad ke-9 atau ke-8 SM yang menulis tentang seorang nabi bernama Bileam bin Beor (bandingkan dengan Kitab Bilangan pasal 22 dan seterusnya).[15]
(Bersambung)
0 komentar:
Posting Komentar