Di Kufah, Abu Hanifah memiliki seorang
tetangga tukang sepatu. Sepanjang hari bekerja, menjelang malam ia baru
pulang ke rumah. Biasanya ia membawa oleh-oleh berupa daging untuk
dimasak atau seekor ikan besar untuk dibakar. Selesai makan, ia
minum-minum seraya bernyanyi-nyanyi dan berhenti jauh malam setelah ia
merasa mengantuk sekali, kemudian tertidur pulas.
Abu
Hanifah yang telah terbiasa melaksanakan shalat sepanjang malam, tentu
saja merasa terganggu oleh suara nyanyian tukang sepatu tersebut. Namun,
ia diam saja. Pada suatu malam, Abu Hanifah tidak mendengar
tetangganya itu bernyanyi-nyanyi seperti biasanya. Sesaat ia keluar
untuk mencari kabarnya, ternyata menurut keterangan tetangga lain, ia
baru saja ditangkap polisi dan ditahan.
Seusai
shalat subuh, Abu Hanifah naik bighalnya menuju istana. Ia hendak
menemui Amir Kufah. Kedatangan Abu Hanifah disambut dengan penuh khidmat
dan hormat. Sang Amir sendiri yang berkenan menemuinya.
“Ada yang bisa aku bantu?” tanya sang Amir.
“Tetanggaku tukang sepatu kemarin ditangkap polisi. Tolong lepaskan ia dari tahanan Amir,” jawab Abu Hanifah.
“Baiklah,”
kata sang Amir yang segera menyuruh seorang polisi penjara untuk
melepaskan tetangga Abu Hanifah yang baru ditangkap kemarin petang.
Abu
Hanifah pulang dengan naik bighalnya secara perlahan. Sementara, si
tukang sepatu berjalan kaki di belakangnya. Ketika tiba di rumah, Abu
Hanifah turun dan menoleh kepada tetangganya itu seraya berkata,
“Bagaimana? Aku tidak mengecewakanmu kan?”
“Tidak, bahkan sebaliknya,” jawab si tukang sepatu.
“Terima kasih. Semoga Allah memberimu balasan kebajikan,” lanjut si tukang sepatu
Sejak itu ia tidak lagi mengulangi kebiasaannya, sehingga Abu Hanifah dapat merasa lebih khusyu’ dalam ibadahnya setiap malam.
Tembok Pembatas
Di
era globalisasi, kini merupakan sebuah hal biasa ketika setiap kita
terlihat sibuk dalam kesehariannya, bahkan terdapat sebuah ungkapan “pulang dan pergi seharian sehingga tak mampu melihat matahari terbit dan tenggelam”.
Tingginya
tingkat egoisme, individualisme dan hedonisme mengakibatkan terciptanya
“tembok pembatas” dalam bermasyarakat. Adakalanya “tembok pembatas”
dalam bermasyarakat timbul dikarenakan kurangnya intensitas
bersosialisasi dalam bermasyarakat.
Padatnya
aktifitas dan besarnya peranan kita dalam sebuah institusi ataupun
organisasi, tak jarang menjadikan sedikitnya waktu untuk bersosialisasi
dalam bermasyarakat. Dalam hal ini, Rasulullah saw telah mengingatkan
umatnya dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah
saw menjadikan akhlak kepada tetangga sebagai acuan penilaian kebaikan
seseorang. ”Sebaik-baik kawan di sisi Allah adalah yang paling baik
(budi pekertinya) terhadap kawannya, sebaik-baik tetangga adalah yang
paling baik kepada tetangganya.”
Dan Allahpun berfiman dalam QS. An Nisa’:36, “Berbuat
baiklah kepada kedua orang, ibu bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim,
orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat,
ibnu sabil, dan hamba sahaya. Sesungguhnya Allah tidak menyukai
orang-orang sombong dan membangga-banggakan diri”.
Letak Sebuah Kebermanfaatan
“Khairun naasi anfa’uhum linnaas”,
sebaik-baik manusia adalah siapa yang paling banyak bermanfaat bagi
orang lain. Manusia bukan sekedar makhluk indvidu, melainkan manusia
adalah makhluk social, yang mana segala yang ada dalam dirinya
berpotensi membawa pengaruh terhadap lingkungan disekitarnya. Menjadi
manusia bermanfaat disini tidaklah sekedar bermanfaat bagi institusinya,
golongannya ataupun organisasinya, melainkan meliputi seluruh aspek
kehidupan dalam bermasyarakat pada umumnya.
“Menjadi
ada adalah karunia, sebab kita tak dapat mengadakan diri kita sendiri.
Tapi menjadi ada saja tidaklah cukup, kita ada karena diperintahkan
untuk memiliki makna,” kata Ustadz Ahmad Zairofi.
Bagaimana kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat jika enggan untuk bersosialisasi dalam bermasyarakat?
Sebagaimana
kisah Abu Hanifah yang tetap menebarkan kebaikan terhadap tetangganya
dengan membantunya mendapatkan ampunan dari sang amir hingga menjadikan
si tukang sepatu tersadar dan tidak mengulangi kebiasaan buruknya.
Sebagaimana pula kisah khalifah umar yang begitu memperhatikan kondisi
masyarakat disekitarnya, hingga rela menggendong karung gandum seorang
diri guna membantu kekurangan tetangga disekitarnya.
Islam
memerintahkan umatnya untuk bertetangga secara baik. Bahkan, Rasulullah
saw pernah mengira tetangga termasuk dalam ahli waris, dikarenakan
seringnya Jibril mewasiatkan agar bertetangga dengan baik. Rasulullah
shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;
”Jibril selalu mewasiatkan kepadaku tentang tetangga sampai aku menyangka bahwa ia akan mewarisinya” (HR Bukhari-Muslim).
Namun,
ternyata waris atau warisan yang dimaksud Jibril adalah agar umat Islam
selalu menjaga hubungan baik dengan sesama tetangga. Bertetangga dengan
baik itu, termasuk menyebarkan salam ketika bertemu, menyapa,
menanyakan kabarnya, menebar senyum, dan mengirimkan hadiah. Sabda
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam;
”Wahai Abu Dzar, jika engkau memasak sayur maka perbanyaklah airnya dan bagikanlah kepada tetanggamu” (HR Muslim)
Dan
dikisahkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh bukhari, terdapat
seorang wanita bersusah payah melaksanakan shalat wajib, bangun malam,
menahan haus dan lapar, serta mengorbankan harta untuk berinfak, namun
menjadi mubazir lantaran buruk dalam bertutur sapa dengan tetangganya.
Rasulullah bersumpah terhadap orang yang berperilaku demikian, tiga kali, dengan sumpahnya, ”Demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman…!”
Rasulullah bersumpah terhadap orang yang berperilaku demikian, tiga kali, dengan sumpahnya, ”Demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman…!”
Sahabat bertanya, ”Siapa, ya Rasulullah?”
Beliau menjawab, ”Orang yang tetangganya tidak pernah merasa aman dari keburukan perilakunya”
***
“Ya Tuhan, kami telah menganiaya diri kami sendiri dan jika Engkau tidak mengampuni kami, niscaya kami termasuk orang-orang yg merugi” (QS.Al A’raf : 23)
Sumber
0 komentar:
Posting Komentar