Minggu, 05 Januari 2014

Filled Under:

Kerajaan Kushan, Uyghur Khaganate, dan Kekaisaran Hittit

 1. Kerajaan Kushan
 sekitar (60M - 375M)

 Imperium Kushan adalah salah satu kerajaan yg memiliki wilayah sangat luas yg membentang dari India, Pakistan sampai utara Afghanistan, berbatasan langsung dengan Kekaisaran Han (Dinasti Han) di timur dan Parthia (Persia) di barat. Asal muasal Kerajaan Kushan dimulai dari eksodus besar-besaran bangsa Yue-Chi (Yuezhi) dari barat laut China (sekarang Xinjiang) akibat gempuran Xiong nu Khanate dari utara. Mereka (Yue Chi) pindah ke asia tengah, membentuk kerajaan baru dan menaklukkan wilayah utara India, hidukush dan bagian timur Persia. Yue Chi terbagi menjadi 5 clan yg mendiami wilayah yg berbeda2, dan Kushan adalah salah satu dari 5 clan tsb. Seiring dengan menguatnya Clan Kushan, Pangeran Kujula Kadphises memerintahkan untuk menyerbu 4 clan lainnya sehingga akhirnya 5 clan tersebut disatukan dibawah pimpinan Kushan.

Karena letaknya ditengah2 jalur sutra (Silk Road), banyak keuntungan yg didapat oleh Kushan, terutama dari perdagangan, karena kota2 mereka adalah tempat persinggahan kafilah2 pedagang yg melalui jalur sutera. Masyarakat Kushan sendiri adalah masyarakat nomaden, karena itu mereka memiliki beberapa ibukota, Begram ibukota musim panas dan Peshawar ibukota musim dingin.

Kekuatan utama militer Kushan adalah Cavalry/Horse Archer (Pasukan pemanah berkuda). Dalam satu agresi militer, bisa terkumpul 100.000 horse Archer. Pada masa jayanya, Kushan sangat kuat, bahkan mereka bisa merebut kembali sebagian wilayah nenek moyang mereka (Yue Chi).

Keruntuhan Kushan disebabkan oleh menguatnya pengaruh Persia Sassanid di barat, akhirnya mereka menjadi kerajaan inferior (Vassal) dari Kekuasaan Sassanid.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
 2. Uyghur Khaganate

 sekitar 742M - 848M
 Uighur adalah nama salah satu suku (bangsa) di Asia tengah, bahkan bahasa Uighur sampai saat ini masih dipakai oleh sebagian rakyat mongolia, khazakstan, uzbekistan dan beberapa negara di Asia tengah. Awal dari menguatnya kerajaan Uyghur secara tidak langsung dipengaruhi oleh runtuhnya Kekuasaan Xiong nu (Hun), sehingga yg ada di asia tengah pada waktu itu hanya pecahan suku kecil. melemahnya Kekaisaran Tang Cina akibat pemberontakan An lu shan mempermudah bangsa Uighur untuk memperluas wilayahnya, sehingga daerah Uighur yg mulanya hanya seputaran asia tengah, meluas sampai ke China di timur, berbatasan langsung dengan Kekhalifahan Abbasiyah di barat daya, dan sampai perbatasan eropa di pegunungan Ural. Itu semua dicapai karena militer Uyghur yg kuat, terutama pasukan Cavalry Archer (Pemanah berkuda) mereka yg mampu bergerak sangat mobil.

Kejatuhan Uyghur lebih disebabkan oleh perebutan kekuasaan. Setelah raja besar mereka Tengri Bögü wafat, praktis tidak ada lagi pemimpin yg kuat. Akhirnya Uyghur terpecah menjadi beberapa suku yg menandai kehancurannya.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. Kekaisaran Hittit
Old Hittite Kingdom [ca. 1600-1400 BC]
Middle Kingdom [ca. 1400-1343 BC]
Hittite Empire [1343-1200 BC]


Kerajaan Hittite adalah salah satu dari kerajaan besar pertama di dunia. Mereka sudah mendirikan Imperium besar sebelum adanya Persia & Roma, tepatnya pada abad 13 sebelum masehi. Kerajaan Hittite dibagi dalam 3 periode yaitu Hittite kuno, Kerajaan Hittite tengah dan Imperium Hittite. Sayangnya tidak banyak bukti2 lengkap yg menykap tentang Hittite kuno dan Hittie tengah, baru setelah mereka mendirikan Imperium mulai banyak bukti2 yg ditemukan arkeolog di Ibu kota Hattusha.

Kerajaan Hittite sangat kuat, terutama pada masa Imperium Hittite, itu disebabkan banyak Raja2 yg memerintah memiliki kepemimpinan hebat, diantaranya Suppiluliuma I dan Mursili II yg memperluas kerajaan sampai ke ujung barat Anatolia (Turki), menghancurkan Babylonia di Syiria dan berbatasan langsung dengan kerajaan Mesir pada Masa Ramzes II. Keberhasilan itu dicapai berkat kekuatan militer mereka yg menggunakan Horse Chariot (Pasukan Kereta Perang) sebagai pasukan garis depan.

Kerajaan Hittite mengalami kemunduran dikarenakan sering terjadi perang sipil untuk memperebutkan kekuasaan setelah tidak ada Raja yg kuat memerintah, ditambah menguatnya ancaman bangsa Funisia yg menguasai lautan. Akhirnya pada abad 11 bukti2 tentang keberadaan hittite sudah tidak ditemukan dan dinyatakan runtuh. 



Sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.