Minggu, 05 Januari 2014

Filled Under:

Bangsa Phoenesia

1.Bangsa Phoenesia

Phoenesia itu merupakan bangsa bukan kerajaan, jadi phoenesia merupakan bangsa kecil yang merupakan bagian dari sebuah daerah yang disebut bulan sabit. daerah ini sangat subur diperkirakan daerah yang dimaksud berada di suriah dan palestina. daerah bulan sabit terbentang diantara dua sungai di mesopotamia. sejumlah sumber menyebutkan orang2 phoenesia berasal dari suriah. mereka termasuk keluarga besar samyah atau juga bangsa semit karena mereka berbahasa semit.

bangsa phoenesia mendiami wilayah suriah sejak 1200 sm karena berada di persimpangan lalu lintas laut dan jalan para khalifah maka phoenesia berkembang menjadi negara dagang, hal ini wajar karena wilayah geografis phoenesia saat itu merupakan perbukitan yang tandus dan gersang, jadi menjadi petani adalah hal yang susah dilakukan makanya mereka memilih untuk menjadi pedagang.

mereka dikenal sebagai pedagang dan pelaut yang ulung, dipantainya terdapat kota2 yang megah dan kaya tempat berlansungnya transaksi perdagangan yang besat, kota kota itu seperti yang bro jared sebutkan tyre, sidon, dan byllos. mereka berhasil mengembangkan perdagangannya sehingga mereka melakukan kolonisasi, beberapa koloni telah didirikan di wilayah mediterania timur dan timur laut afrika.

dalam buku a short history of civilization juga disebutkan kalo phoenesia itu pada jaman klasik dikenal sebagai pusat kebudayaan. melalu kolonisasi itu mereka melakukan penyebaran budaya dengan berbagai bangsa lewat perdagangan. Tentu saja itu memberikan kontribusi yang sangat penting ikut membentuk sejarah peradaban. salah satu kontribusi mereka adalah penemuan alphabet phoenesia.

selama 450 tahun mereka mendiami daerah bulan sabit dengan tenang bebas dari serbuan yang bersifat destruktif . dan selama itu pula mereka terus mengembangkan kebudayaan mereka.

Sekitar 800 sm bangsa phoenesia melalui kolonisasi sudah diperluas ke area mediterania, pusat2 perdagangan itu antara lain palermo dan syracause di kepulauan sisilia, malta malaga dan chataz di wilayah spanyol. koloni yang paling terkenal adalah di khartago pantai afrika. disana pada 800 sm didirikan sebuah kota yang berkembang menjadi pusat militer yang kemudian diperluas ke afrika utara, sisilia, sardenia dll.

untuk penemuan alphabet phoenesia itu menggantikan gambar/ tulisan gambar yang metodanya penterjemahannya sangat susah, sehingga dianggap tidak efektif oleh para pedangan2 di phoenesia, dan mereka pun menjadi bangsa yang pertama menciptakan/ menyusun berbagai hurup walaupun pengucapannnya susah banget, contohnya hurup pertama dinamakan aleph, hurup ke dua beth dll..

bangsa yunani membawa alphabet phoenesia itu untuk dirumah lebih enak didengar dan diucapkan, aleph jadi alpha, beth jadi beta dll... tapi sebenarnya penemuan alphabet ini juga bukan asli tetapi mereka terilhami dari orang2 arameans..dst



 Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.