Senin, 23 Desember 2013

Filled Under:

Wangsa Habsburg (2-Habis)

Lambang Habsburg Spanyol (versi tahun 1580-1621)

Habsburg Spanyol: Daftar Raja Spanyol, Daftar Raja Portugal (1580–1640)

Perang Suksesi Spanyol terjadi setelah kepunahan garis Habsburg Spanyol, untuk menentukan warisan Charles II.

Habsburg Austria : Daftar Kaisar Romawi Suci dan Adipati Agung Austria

Perang Suksesi Austria terjadi setelah kepunahan garis keturunan laki-laki dari Habsburg Austria setelah kematian Charles VI. Garis keturunan langsung Habsburg sendiri menjadi punah seluruhnya dengan kematian Maria Theresa dari Austria, ketika diikuti oleh Wangsa Lorraine, menggayakan dari Habsburg-Lorraine.

Wangsa Habsburg-Lorraine, garis utama: Daftar Kaisar Romawi Suci, Adipati Agung Austria

Ratu Maria Christina dari Austria dari Spanyol, cucu buyut Leopold II, Kaisar Romawi Suci di atas. Istri Alfonso XII dan ibu Alfonso XIII dari Wangsa Bourbon. Istri Alfonso XIII Victoria Eugenie dari Battenberg adalah keturunan Raja George I dari Britania Raya dari Garis Habsburg Leopold (di atas).

Wangsa Habsburg-Lorraine menahan Austria dan mencantumkan harta setelah pembubaran Kaisar Romawi Suci; lihat dibawah.

Putra Leopold II adalah Adipati Agung Rainer dari Austria yang istrinya berasal dari Wangsa Savoia; putri Adelaide, Ratu Sardinia adalah istri Raja Victor Emmanuel II dari Italia, Savoia, dan Sardinia dan Raja Italia. Keturunan mereka menikah ke dalam Wanga Kerajaan Bonaparte; Saxe-Coburg dan Gotha {Bragança} {Portugal}; Savoia {Spanyol}; dan wilayah adipati Montferrat dan Chablis.
Wangsa Habsburg-Lorraine: Daftar Adipati Agung Toscana
Francis Stephen menugaskan wilayah adipati agung Toscana kepada putra keduanya Peter Leopold, yang berbalik menugaskannya kepada putra keduanya setelah aksesinya sebagai Kaisar Romawi Suci. Toscana tetap sebagai domein cabang kadet keluarga ini sampai Unifikasi Italia.
Wangsa Habsburg-Lorraine: garis Toscana, pos monarki
Lihat Garis suksesi ke Tahta Toscana
Wangsa Habsburg-Lorraine: Daftar Adipati Modena
Wilayah adipati Modena ditugaskan ke cabang kecil keluarga oleh Kongres Wina yang hilang di Unifikasi Italia.
Wangsa Habsburg-Lorraine: garis Modena, pos monarki
Wangsa Habsburg-Lorraine: Permaisuri Perancis
  • Marie Louise dari Austria 1810–1814
Wangsa Habsburg-Lorraine: Adiapti Wanita Parma
Wilayah adipati Parma tampaknya ditugaskan ke Habsburg, namun tidak tinggal lama di tangan Wangsa tersebut sebelum menyerah ke Unifikasi Italia. Hak tersebut diberikan ke istri kedua Napoleon I dari Perancis, Maria Luisa Adipati Wanita Parma, putri Francis II, Kaisar Romawi Suci, yang merupakan ibu Napoleon II dari Perancis. Napoleon menceraikan istrinya Rose de Tascher de la Pagerie (yang lebih dikenal di dalam sejarah sebagai Josephine de Beauharnais) deminya.
Wangsa Habsburg-Lorraine: Kaisar Meksiko
Maximilian, seorang putra yang berpetualang, diundang sebagai bagian dari manipulasi Napoleon III untuk mengambil tahta Meksiko, menjadi Kaisar Maximilian I dari Meksiko. Bangsawan Meksiko yang konservatif, juga sebagai klerus, mendukung Kerajaan Meksiko Kedua. Istrinya, Charlotte dari Belgia, seorang puteri Wangsa Saxe-Coburg Gotha, mendukung penerimaan suaminya atas mahkota Meksiko dan menemaninya sebagai Maharani Carlota dari Meksiko. Petualangan ini tidak berakhir dengan baik. Maximilian tewas tertembak di "Cerro de las Campanas" pada tahun 1867 oleh pasukan republika Benito Juárez.

Wangsa Habsburg-Lorraine, garis utama: Daftar Kaisar Austria

Wangsa Habsburg-Lorraine, garis utama: Daftar Kepala Wangsa Habsburg (pos-monarki)

Charles I diusir dari domeinnya setelah Perang Dunia Kesatu dan kerajaannya diruntuhkan.
lihat Garis suksesi ke Tahta Austro-Hongaria

Daftar Raja Hongaria

Kedudukan raja Hongaria tetap di dalam keluarga Habsburg selama berabad-abad; namun karena kedudukan raja tidak secara ketat diwariskan (Hongaria merupakan monarki elektif sampai tahun 1687) dan terkadang digunakan sebagai lapangan pelatihan para pemuda Habsburg, tanggal peraturan tidak selalu cocok dengan harta Habsburg primer. Oleh karena itu, daftar raja Hongaria dicantumkan secara terpisah.

Garis Albertine: Daftar Raja Hongaria

Habsburg Austria: Daftar Raja Hongaria

Wangsa Habsburg-Lorraine, garis utama: Daftar Raja Hongaria

Coat of arms of the House of Habsburg-Lorraine

Daftar Raja Bohemia

Kedudukan raja Bohemia dari tahun 1306 sebuah posisi yang dipilih oleh para bangsawannya. Sebagai akibatnya, posisi tersebut tidak secara otomatis diwariskan. Sampai pemerintahan Ferdinand I Habsburg tidak mendapatkan aksesi turun temurun ke atas tahta dan dialihkan oleh dinasti lainnya. Oleh karena itu, daftar raja Bohemia dan tanggal pemerintahan mereka terdaftar secara terpisah.

Garis utama

Garis Albertine: Daftar Raja Bohemia

Habsburg Austria: Daftar Raja Bohemia

Wangsa Habsburg-Lorraine, garis utama: Daftar Raja Bohemia

Dari aksesi Maria Theresa, kedudukan raja Bohemia menjadi satu dengan harta-harta Austria.

Permaisuri Perancis

Dari abad ke-16 sampai ke-18, kekuasaan terbesar yang non-Habsburg di Eropa biasanya di berada Perancis. Akibatnya, di dalam percobaan yang biasanya sia-sia untuk menyatukan Eropa di bawah baik keluarga Habsburg atau untuk mencegah permusuhan Perancis, daftar puteri Habsburg yang menikah dengan raja Perancis berturut-turut.

Pra-divisi Habsburg

Habsburg Austria

Habsburg Spanyol

Habsburg-Lorraine

Permaisuri Portugal

Karena kemiripan (geografis, strategis dan agama) para Habsburg selalu menguatkan aliansi mereka dengan Kerajaan Portugis Wangsa Aviz, yang memberikan mereka kerajaan ini pada tahun 1580. Ketika Braganza mengusir Habsburg Spanyol (1640), aliansi baru ditetapkan, kali ini dengan Habsburg Austria.

Pra-divisi Habsburg

Habsburg Austria

Habsburg-Lorraine

  • Marie Leopoldina, Adipati Wanita Agung Austria (1797–1826), istri pertama Peter I, Kaisar Brasil, juga dikenal sebagai Peter IV, Raja Portugal. Marie Leopoldina adalah Marie Louise adik perempuannya.

Kaisarina Brasil

Habsburg-Lorraine

Wilayah adipati Toscana dan keturunan Salzburg
Anggota-anggota keluarga ini menyandang gelar Adipati Agung (Adipati Wanita Agung) Austria, Pangeran (Puteri) Hongaria, Pangeran (Puteri) Toscana (Kekaisaran dan Yang Mulia). Keturunan dari pernikahan morganatik, kecuali bagi yang diberikan gelar spesifik seperti pangeran-pangeran von Altenburg, biasanya menyandang gelar "Graf (Gräfin) von Habsburg-[Lothringen]".



Sumber





















0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.