Sabtu, 04 Januari 2014

Filled Under:

Kerajaan Hashmonayim

ממלכת החשמונאים
Mamlekheth haHash'mona'im
140 SM–37 SM































Ibukota Yerusalem
Bahasa Yunani Koine, Ibrani, Arama
Agama Yudaisme
Pemerintahan Monarki teokrasi
Raja dan Kohen Gadol
 -  140 SM-135 SM Simon Makabi
 -  40 SM-37 SM Antigonos
Badan legislatif Sanhedrin
Era sejarah Zaman Hellenis
 -  Didirikan 140 SM
 -  Dibubarkan 37 SM
Hashmonayim ([hæzməˈniːən], bahasa Ibrani: חשמונאים Hashmonayim, Audio, bahasa Yunani: Ἀσαμωναῖο, Asamōnaios) adalah dinasti yang berkuasa di Kerajaan Israel Hashmonayim (14037 SM),[1] suatu negara Yahudi merdeka di Tanah Israel. Dinasti hashmonayim didirikan di bawah kepemimpinan Simon Makabi, dua dekade setelah saudaranya Yudas Makabi ("Sang Palu") mengalahkan pasukan Kekaisaran Seleukid melalui pemberontakan Makabi pada 165 SM. Kerajaan Hashmonayim bertahan selama 103 tahun sebelum menyerah pada Dinasti Herodes pada 37 SM. Bahkan kemudian, Herodes yang Agung merasa berkewajiban untuk meningkatkan legitimasi pemerintahannya dengan menikahi seorang putri Hashmonayim, Mariamne, dan bersekongkol untuk meneggelamkan pewaris laki-laki Hashmonayim terakhir di istana Yerikhonya.

Berdasarkan sumber-sumber sejarah termasuk buku 1 Makabi dan 2 Makabi serta buku pertama Perang Yahudi oleh sejarawan Yahudi Josephus (37–c. 100 M),[2] Kerajaan Hashmonayim bangkit setelah pemebrontakan sukses yang dilancarkan oleh Yahudi melawan raja Seleukid Antiokhos IV. Setelah invasi Antiokhos yang sukses terhadap Mesir Ptolemaios dipukul mundur oleh Republik Romawi, ia bergerak untuk menegaskan kontrol yang ketat atas Israel, menyerang Yerusalem dan Kuilnya, serta menekan peribadatan Yahudi.

Pemberontakan Makabi (167 BC) mengawali periode 25 tahun kemerdekaan Yahudi yang bisa terjadi berkat kejatuhan Kekaisaran Seleukid, yang diserang oleh Republik Romawi dan Kekaisaran Parthia. Namun kekosongan kekuasaan yang memungkinkan negara Yahudi untuk diakui oleh Senat Romawi (c. 139 SM) pada akhirnya dieksploitasi oleh Romawi sendiri. Hirkanos II dan Aristobulos II, cicit-cicit Simon, menjadi pion dalam perang proxy antara Julius Caesar dan Pompeius yang Agung yang hasilnya kerajaan berada di bawah pengawasan gubernur Romawi di Suriah (64 SM). Kematian Pompeius (48 SM), Caesar (44 SM), dan Perang saudara Romawi melepaskan Israel dari cengkeraman Romawi, yang dengan demikian membiarkan bangkitnya kembali Hashmonayim yang didukung oleh Kekaisaran Parthia. Kemerdekaan yang singkat ini dengan segera diganggu oleh Romawi di bawah kepemimpinan Markus Antonius dan Oktavianus. Pengangkatan Herodes yang Agung sebagai raja pada 37 SM menjadikan Israel sebagai negara klien Romawi, sekaligus mengakhiri dinasti Hashmonayim. Pada 44 M, Romawi mengangkat procurator Romawi untuk berkasa bersama raja Herodes.

Catatan kaki

  1. ^ Josephus Flavius, Jewish Antiquities: [1]; [2]; [3]).
  2. ^ Louis H. Feldman, Steve Mason (1999). Flavius Josephus. Brill Academic Publishers.


Sumber









2 komentar:

  1. Best content & valuable as well. Thanks for sharing this content.
    Approved Auditor in DAFZA
    Approved Auditor in RAKEZ
    Approved Auditor in JAFZA
    i heard about this blog & get actually whatever i was finding. Nice post love to read this blog
    Approved Auditor in DMCC

    BalasHapus

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.