Rabu, 29 Januari 2014

Filled Under:

Benteng Iskandar Muda

Di masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, kerajaan Aceh diperkuat dengan mendirikan benteng-benteng pertahanan di sepanjang pantai Selat Malaka, salah satunya adalah dibangunnya Benteng Iskandar Muda. Benteng Iskandar muda adalah salah satu titik sejarah yang termasuk dalam trail Aceh Lhee Sagoe. Benteng Iskandar Muda dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada Abad 16 untuk melindungi wilayah kekuasaannya dari serangan Belanda dan Portugis. Benteng tersebut terletak di Gampong Lamreh di daerah Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, sekitar 50 Meter dari Jalan utama arah laut Selat Malaka. Benteng yang dibangun di pinggir sungai �Krueng Raya� mempunyai bentuk persegi empat, bentuk yang hampir serupa dengan benteng Indrapatra. Tetapi hanya mempunyai sebuah bangunan saja.
Ketika Tsunami menerjang Aceh pada akhir 2004 lalu, benteng ini hanya mengalami sedikit kerusakan. Kerusakan ini dapat diamati dari beberapa bagian dinding yang telah direnovasi dengan warna yang sangat kontras sehingga berbeda dengan warna aslinya. Mereka yang terlibat dalam proyek renovasi ini sepertinya tidak memiliki kemampuan yang memadai dalam hal seni keindahan dan dan pelestarian. sehingga bagian yang direnovasi terkesan tidak menyatu dengan bentuk aslinya.
Sungguh disayangkan peninggalan sejarah yang begitu berharga, yang menunjukkan kebenaran sejarah Aceh tempo dulu tentang kekuatan militernya dan kebesaran Negeri Aceh kurang mendapatkan perhatian. Tempat yang begitu bersejarah, yang menjadi saksi bisu keperkasaan pejuang kita tempo dulu dalam mempertahankan wilayah selama berabad-abad dari gempuran bangsa asing kini hanya menjadi bagunan tua yang tidak dihiraukan.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.