Kamis, 09 Januari 2014

Filled Under:
,

Batu - Batu Raksasa Buatan (2)

4. Colossi of Memnon


Patung-patung kembar ini menggambarkan Amenhotep III (abad ke-14 SM fl.) dalam posisi duduk, tangannya bertumpu pada lutut dan tatapannya menghadap ke arah timur kearah sungai. Patung-patung yang dibuat dari blok tunggal batu pasir kuarsit yang digali di el-el-Ahmar Gabal (dekat Kairo modern) dan diangkut 675 km (420 mil) lewat darat ke Thebes.  Blok-blok batu yang lebih kecil kemudian digunakan oleh insinyur Romawi (yang datang kemudian) untuk merekonstruksi patung sebelah timur mungkin berasal dari Edfu (utara Aswan). Termasuk platform batu di mana mereka berdiri - sekitar 4 m (13 ft) - sedangkan colossi menjulang 18 m (60 kaki) tingginya dan berat masing masing diperkirakan 720 ton. Kedua colossi terpisah sekitar 15 m (50 kaki).

Kedua patung cukup rusak, dengan fitur di atas pinggang hampir tak bisa dikenali. Patung sebelah barat adalah sepotong batu tunggal, tetapi patung timur yang memiliki celah besar di bagian bawah dan di atas pinggang terdiri dari berbagai jenis batu pasir, dan itu adalah hasil dari upaya (Kekaisaran Romawi) untuk merekonstruksinya. Diyakini bahwa awalnya dua patung ini identik satu sama lain, meskipun prasasti dan pahatannya mungkin bervariasi.

 Fungsi asli dari Colossi adalah sebagai penjaga pintu masuk kuil pemakaman Amenhotep sebuah pusat kultus besar dibangun selama hidup Firaun, tempat ia dipuja sebagai dewa-di-bumi baik sebelum dan setelah kepergiannya dari dunia ini. Pada masa itu, kompleks kuil ini adalah yang terbesar dan paling mewah di Mesir. Meliputi total 35 hektar, bahkan kemudian saingannya seperti Ramses II Ramesseum atau Ramses III Medinet Habu tidak dapat mengalahkannya dalam hal luas daerah, bahkan Kuil Karnak, yang dibangun di masa Amenhotep, lebih kecil.
5. Kolom Alexander

Kolom Alexander dibangun antara 1830 dan 1834, dirancang oleh Auguste, arsitek kelahiran de Montferrand, Perancis,  dengan arsitek Antonio Adamini kelahiran Swiss, dan diresmikan pada tanggal 30 Agustus 1834. Monumen - yang tertinggi dari jenisnya di dunia - ini, tingginya mencapai  47,5 m (155 kaki 8 in) dan diatasnya terdapat patung malaikat memegang salib. Patung malaikat itu dirancang oleh pematung Rusia Boris Orlovsky. Wajah malaikat dibuat mirip dengan wajah Kaisar Alexander I.













Kolom adalah sepotong granit merah, panjangnya 25,45 m (83 ft 6 in) m dan diameternya sekitar 3,5 (11 ft 5 in). Granit monolit ini diperoleh dari Virolahti, Finlandia dan pada tahun 1832 diangkut melalui laut ke Saint Petersburg, dengan tongkang yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Tanpa bantuan crane modern dan mesin berat lainnya, kolom yang beratnya 661 ton ini, didirikan oleh 3.000 pria di bawah bimbingan William Handyside dalam waktu kurang dari 2 jam.



(Bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.