Kamis, 09 Januari 2014

Filled Under:

14 Formasi Basal yang Menakjubkan (5)

11. Kirkjugólf, Islandia

Kirkjugólf (Lantai Gereja) adalah hamparan kolumnar basal di sebuah padang sebelah timur dari Kirkjubæjarklaustur. Hamparan kolumnar basal yang luasnya kira-kira 80 m² (860 sq ft) ini, terkikis dan dibentuk oleh gletser dan gelombang.


Tidak pernah ada gereja di sana tapi kolom basal ini tampak seolah-olah disusun oleh manusia. Kolumnar basal terbentuk ketika aliran lava terdinginkan dan gaya kontraksi terbangun.


Retak-retak kemudian membentuk jaringan fraktur yang luas dan horizontal yang menciptakan hasil formasi kolom-kolom enam sisi. Kirkjugólf adalah monumen alam 
yang dilindungi.

12. Svartifoss, Islandia


Svartifoss (Black Fall) adalah air terjun di Skaftafell National Park di Islandia, dan merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di taman itu. Air terjun ini dikelilingi oleh kolom lava gelap, yang memunculkan namanya. Terkenal lainnya kolumnar formasi sendi kolumnar yang terkenal lainnya juga terlihat di Giant Causeway di Irlandia Utara, Devil's Tower di Wyoming, Amerika Serikat dan di pulau Staffa di Skotlandia.


Dasar air terjun ini berisi batuan yang tajam, pecahan dari Bagian kolom-kolom heksagonal yang putus dan jatuh. Kolom basal ini telah memberikan inspirasi bagi arsitek Islandia, yang paling tampak adalah di gereja Hallgrímskirkja di Reykjavík, dan juga Teater Nasional.


(Bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.