Kamis, 09 Januari 2014

Filled Under:

14 Formasi Basal yang Menakjubkan (4)

9. Giant Causeway, Inggris


Giant Causeway adalah daerah dengan sekitar 40.000 kolom basal, hasil dari letusan gunung berapi kuno. Terletak di County Antrim, di pantai timur laut Irlandia Utara, sekitar tiga mil (4,8 km) timur laut dari kota Bushmills.


Dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1986, dan Cagar Alam Nasional tahun 1987 oleh Departemen Lingkungan Hidup untuk Irlandia Utara. Dalam sebuah jajak pendapat tahun 2005 dari pembaca Radio Times, Giant Causeway disebut sebagai keajaiban alam keempat terbesar di Britania Raya. Puncak-puncak kolom membentuk batu pijakan yang mengarah dari kaki tebing dan menghilang di bawah laut.


Sebagian besar kolom adalah heksagonal, meskipun ada juga beberapa dengan sisi empat, lima, tujuh atau delapan. Yang tertinggi sekitar 12 meter (39 kaki), dan lava yang mengeras di tebing memiliki ketebalan 28 meter (92 kaki). Giant Causeway saat ini dimiliki dan dikelola oleh National Trust dan merupakan daya tarik wisata yang paling populer di Irlandia Utara.

10. Prismas Basálticos, Meksiko


Los Prismas Basálticos (Prisma-prisma Basalt) adalah kolom tinggi dari batuan basal yang berbaris di sisi sebuah ngarai di mana air mengalir dari Bendungan San Antonio. Area ngarai ini adalah bagian dari Santa María Regla Hacienda dan pertama kali dipromosikan oleh Alexander von Humboldt pada tahun 1803.


Dinding ngarai, disebut Barranca de Alcholoya, yang dibatasi oleh kolom poligonal yang tingginya antara tiga puluh dan lima puluh meter (100-165 ft) dengan lima atau enam sisi.


Kolom yang terlihat didukung oleh kolom basal bahkan lebih poligonal. Ada dua air terjun. Yang lebih tinggi air nya berasal dari bendungan di dekatnya. Yang rendah disebut Cascada de la Rosa.






Di sekitar Ngarai telah dibangun tangga-tangga, trotoar dan jembatan gantung untuk memudahkan akses.

(Bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.