Sabtu, 14 Desember 2013

Filled Under:

Predator paling super di bumi bukan Tyrannosaurus rex

Predator paling super di bumi bukan Tyrannosaurus rex


Ternyata predator paling super di bumi bukan Tyrannosaurus rex
Lythronax argestes © 2013 Merdeka.com


Sebuah penelitian dan penggalian menemukan ada dinosaurus lain yang ternyata lebih ganas dan boleh dibilang benar-benar sebagai raja dari para karnivora dan dinosaurus pada era itu.

Dikutip dari BBC (06/11), dinosaurus yang dinamakan Lythronax argestes atau raja dari segala kekejaman atau kebengisan. Ditemukan pertama kali pada tahun 2009, Lythronax memiliki moncong lebih pendek dari T-rex dan mata miring ke depan.

Seperti halnya binatang karnovora di zaman purba lainnya, Lythronax juga memiliki gigi-gigi tajam. Randall Irmis dari Museum Sejarah Alam Utah, Amerika Serikat, mengatakan bahwa Lythronax adalah super predator yang nama belakangnya diambil dari penamaan penyair Yunani kuno.

Hal senada juga diungkapkan oleh Joseph Sertich dari Denver Museum of Nature and Science, Amerika Serikat, bahwa selain mempunyai sifat sebagai pemburu yang handal dan bergigi runcing, Lythronax juga memiliki tubuh 'atletis' yang membuatnya mampu menerjang dan berlari cepat untuk memburu mangsa.

Namun, apabila dibandingkan dengan T-rex, Lythronax hidup di zaman yang berbeda. Menurut penelitian, Lythronax hidup sekitar 10 juta tahun lebih awal dari T-rex.

Walaupun berbeda zaman, namun Lythronax dan T-rex masih dalam satu rumpun yaitu masuk dalam spesies tyrannosaur atau Teratophoneus curriei.

Diperkirakan, Lythronax hidup di zaman akhir dari Cretacous atau sekitar 95-70 juta tahun lalu. Walaupun bukan yang terbesar di antara dinosaurus dengan label predator, namun Lythronax merupakan karnivora super yang pernah berjalan di muka bumi.
[das]

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.