Rabu, 08 Januari 2014

Filled Under:

14 Formasi Basal yang Menakjubkan (1)

Basalt adalah batuan vulkanik yang umum, terbentuk dari pendinginan cepat lava basaltik dan terpapar pada atau sangat dekat permukaan planet kita. Basal kolom bersendi, adalah formasi basal yang paling terkenal dan paling indah, ada di banyak tempat di bumi. Kolom-kolom yang tidak biasa ini sebagian besar memiliki penampang heksagonal, tapi basalt poligon dengan tiga sampai dua belas atau lebih sisi, kadang juga ditemukan.

 1. Litlanesfoss, Islandia

Litlanesfoss adalah air terjun yang terletak di East Iceland sekitar 30 km (19 mil) dari Egilstaddir, yang dikelilingi oleh kolom-kolom basal yang luas dalam arah yang aneh. Sungai mengarah ke danau Lagarfljot beberapa kilometer di bawah. Tempat ini adalah pasti pemandangan yang tak terlupakan dari Islandia.

 2. Gua Laut di Pulau Akun, Alaska, Amerika Serikat

Gua indah ini terletak di Pulau Akun, salah satu pulau di Kepulauan Fox, yang adalah subgroup dari Kepulauan Aleutian di barat daya Alaska, Amerika Serikat. Banyak dari pulau-pulau Aleutian terdiri dari kolumnar basal. Pulau Akun juga sebagian besar terdiri dari basal dan memiliki beberapa gua-gua laut seperti ini.

3. Ghenh Da Dia, Vietnam

Dengan adanya bebatuan alami, bebatuan aneh terstruktur, kolom atau obliques dari arus mineral beku, Ghenh Da Dia (Rapids of Stone Plates) dianggap sebagai sebuah masterpiece batu karya sang alam.


Ghenh Da Dia adalah batu-batu terstruktur aneh termasuk batu-batu besar yang tegak dan tersusun dalam pola bintang. Menjadi teka-teki alam, seperti jigsaw raksasa, Rapid tersusun dari potongan-potongan batu yang  mirip dalam bentuk, dan membentuk struktur yang padat.


Batu-batu di Ghenh Da Dia adalah batu Bazan hitam dan kuning terang. Ada batu-batu besar dan batu-batu kecil dengan bentuk yang berbeda: bulat, segi lima, polygon, dan sebagainya. Batu-batu kolom ini berpasangan dengan tepat satu sama lain seperti disk yang sengaja diatur untuk berpasangan bersama-sama. Bahkan menghitung jumlah kolom batu sangat sulit untuk sampai pada angka yang pasti. Sebagian orang biasanya menngatakan jumlahnya sekitar 35.000. Tinggi yang terlihat dari Batu-batu ini sekitar 60-80cm (2-2,5 kaki) dan berdiameter sekitar 20-30cm (8-12 inci) dan berkelompok mengelilingi kolam kecil air tawar yang berasal dari sungai bawah tanah dan tidak pernah mengering.

(Bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.