Dari catatan yang ada
menunjukkan bahwa kedatangan Islam di Tanah Papua, sesungguhnya sudah
sangat lama. Islam datang ke Papua melalui jalur-jalur perdagangan
sebagaimana di kawasan lain di Nusantara. Sayangny,a hingga saat ini
belum ada catatan secara persis kapan hal itu terjadi. Sejumlah seminar
yang pernah digelar seperti di Aceh pada tahun 1994, termasuk yang
dilangsungkan di ibukota propinsi Kabupaten Fak-Fak dan di Jayapura pada
tahun 1997, belum menemukan kesepakatan itu. Namun, yang pasti, Islam
datang jauh sebelum para misionaris menginjakkan kakinya di Bumi Papua.
Aktivitas dakwah Islam di
Papua merupakan bagian dari rangkaian panjang syiar Islam di Nusantara;
diawali dari wilayah Sulawesi Utara, mulai dari Mandar sampai Manado,
pada pertengahan abad ke-16 yang menjadi bawahan Kerajaan Ternate, yang
rajanya adalah seorang Muslim. Atas ajakan Raja Ternate, Raja Bolaang
Mongondow memeluk Islam. Penyebaran Islam terus ke timur hingga ke
Kepulauan Maluku pada awal abad ke-16. Pada masa itu Maluku telah
memiliki kerajaan Islam, yakni Kerajaan Bacan. Mubalig dari kerajaan
inilah yang kemudian giat menyebarkan Islam hingga ke kawasan
tetangganya, Papua, melalui jalur perdagangan.1
Melalui jalur damai
perdagangan inilah, Islam kemudian semakin dikenal di tengah masyarakat
Papua. Kala itu penyebaran Islam masih relatif terbatas di kota-kota
pelabuhan. Para pedagang dan ulama menjadi guru-guru yang sangat besar
pengaruhnya di tempat-tempat baru.
Pada awalnya, Papua masuk
dalam pengaruh Hindu di bawah Kerajaan Majapahit. Sebagai kerajaan
tangguh masa itu, kekuasaan Kerajaan Majapahit meliputi seluruh wilayah
Nusantara, termasuk Papua. Beberapa daerah di kawasan tersebut bahkan
disebut-sebut dalam kitab Negarakertagama sebagai wilayah yurisdiksinya. Keterangan mengenai hal itu antara lain disebutkan sebagai berikut:
Muwah tang
i Gurun sanusanusa mangaram ri Lombok, Mirah lawan tikang i Saksakadi
nikalun kahaiyan kabeh nuwati tanah i bantayan pramuka Bantayan len
luwuk teken Udamakatrayadhi nikang sanusapupul. Ikang sakasanusasanusa
Makasar Butun Banggawai Kuni Ggaliyao mwang i [ng] Salaya Sumba Solot
Muar muwah tigang i Wandan Ambwan Athawa maloko Ewanin ri Sran ini Timur
ning angeka nusatutur.2
Dari keterangan yang
diperoleh dalam kitab klasik itu, menurut sejumlah ahli bahasa, yang
dimaksud “Ewanin” adalah nama lain untuk daerah “Onin” dan “Sran” adalah
nama lain untuk “Kowiai”. Semua tempat itu berada di Kaimana dan
Fak-fak. Dari data tersebut jelas bahwa pada zaman Kerajaan Majapahit
sejumlah daerah di Papua sudah termasuk wilayah kekuasaan Majapahit.3
Setelah Kerajaan Majapahit
runtuh, dikalahkan oleh Kerajaan Islam Demak, pemegang kekuasan
berikutnya adalah Demak Islam. Dapat dikatakan sejak zaman baru itu,
terjadi penyebaran Islam secara besar-besaran ke Papua melalui Kerajaan
Islam Demak, baik langsung maupun tidak.
Dari sumber-sumber Barat
diperoleh catatan, bahwa pada abad ke XVI sejumlah daerah di Papua
bagian barat, yakni wilayah-wilayah Waigeo, Missool, Waigama dan
Salawati tunduk pada kekuasaan Sultan Bacan di Maluku.4 Catatan
serupa tertuang dalam sebuah buku yang dikeluarkan oleh Periplus Inc.
Berkeley, California 1991, sebuah wadah sosial milik misionaris, yang
menyebutkan tentang daerah yang terpengaruh Islam.
Dalam kitab Negarakertagama,
pada abad ke-14 di sana ditulis tentang kekuasaan Kerajaan Majapahit di
Jawa Timur, di mana di sana disebutkan dua wilayah di Irian yakni Onin
dan Seran.5 Bahkan lebih lanjut dijelaskan, “Namun
demikian, armada-armada perdagangan yang berdatangan dari Maluku dan
barangkali dari pulau Jawa di sebelah barat kawasan ini, telah memiliki
pengaruh jauh sebelumnya.”
Pengaruh ras austronesia
dapat dilihat dari kepemimpinan raja di antara keempat suku, yang boleh
jadi diadaptasi dari Kesultanan Ternate, Tidore dan Jailolo. Dengan
politik kontrol yang ketat di bidang perdagangan, pengaruh kekuasaan
Kesultanan Ternate ditemukan di Raja Ampat, di Sorong, di seputar
Fak-Fak dan di wilayah Kaimana.
Sumber cerita rakyat
mengisahkan bahwa daerah Biak Numfor telah menjadi bagian dari wilayah
kekuasaan Sultan Tidore. Sejak abad ke-XV, sejumlah tokoh lokal bahkan
diangkat oleh Sultan Tidore menjadi pemimpin-pemimpin di Biak. Mereka
diberi berbagai macam gelar yang merupakan jabatan suatu daerah.
Sejumlah nama jabatan itu sekarang ini dapat ditemui dalam bentuk
marga/fam penduduk Biak Numfor.6
Keberadaan Islam Bacan di
Maluku sejak tahun 1520 M dan telah menguasai beberapa daerah di Papua
pada abad XVI telah tercatat dalam sejarah. Sejumlah daerah seperti
Waigeo, Misool, Waigama dan Salawati pada abad XVI telah mendapat
pengaruh dari ajaran Islam. Melalui pengaruh Sultan Bacan inilah
sejumlah pemuka masyarakat di pulau-pulau tadi memeluk agama Islam,
khususnya yang di wilayah pesisir. Adapun yang di pedalaman masih tetap
menganut faham animisme.
Thomas Arnold, seorang orientalis berkebangsaan, Inggris memberi catatan kaki dalam kaitannya dengan wilayah Islam tersebut, “Beberapa suku Papua di Pulau Gebi antara Waigyu dan Halmahera telah diislamkan oleh kaum pendatang dari Maluku.”
Tentang masuk dan berkembangnya syiar Islam di daerah Papua, lebih lanjut Arnold menjelaskan, “Di
Irian sendiri, hanya sedikit penduduk yang memeluk Islam. Agama ini
pertama kali dibawa masuk ke pesisir barat (mungkin Semenanjung Onin)
oleh para pedagang Muslim yang berusaha sambil berdakwah di kalangan
penduduk, dan itu terjadi sejak tahun 1606. Namun, tampaknya kemajuannya
berjalan sangat lambat selama berabad-abad kemudian.”
Jika ditinjau dari laporan
Arnold tersebut, berarti masuknya Islam ke daerah Papua terjadi pada
awal abad ke-17, atau dua abad lebih awal dari masuknya agama Kristen
Protestan yang masuk pertama kali di daerah Manokwari pada tahun 1855,
yaitu ketika dua orang misionaris Jerman bernama C. W. Attow dan G.J.
Geissler mendarat dan kemudian menjadi pelopor kegiatan missionaris di
sana.7
Nama kedua tokoh misionaris tersebut sekarang banyak diabadikan dalam bentuk rumah sakit maupun sekolah tinggi di Papua.
Dalam buku Nieuw Guinea, WC. Klein menceritakan, “De
Heer Pieterz maakte on 1664 eenwreks naar Onin. Indie raiswaren ook een
aanta! mensen uit Soematera, Waarin de Heer Abdul Ghafur betrokken is (Tuan Pieterz pada tahun 1664 melakukan perjalanan ke Onin; ikut serta beberapa orang dari Sumatera, termasuk Abdul Ghafur).”8 [Annisaa Al-Muqarrabina - Bersambung]
Catatan kaki:
1 Ali Athwa, Islam atau Kristenkah Agama Orang Irian?, hlm. 38.
2 Ibid, hlm. 41.
3 Ibid.
4 Ibid.
5 Ibid.
6 Kasibi Suwiryadi Drs. H, Sebuah Risalah: Sejarah Islam dan Masa Depannya di Irian Jaya, 1997, hlm. 8
7 Ibid, hlm. 9.
8 Kanwil Depag “Prop. Irian Jaya”, him. 32.
Sumber
0 komentar:
Posting Komentar