Kamis, 26 Desember 2013

Filled Under:
,

Jejak Khilafah di Indonesia (3)

Secara historis, Lebih dari 10 abad, syari’ah Islam diterapkan di Nusantara. Di awali oleh Kesultanan Peureulak pada 1 Muharram 225H atau 12 November tahun 839M, kemudian berdirilah kesultanan-kesultanan yang menerapkan syariat Islam ke seluruh penjuru Nusantara. Namun sangat disayangkan. Kenyataan sejarah yang penting ini, dalam perkembangannya banyak mengalami distorsi, baik dalam proses pembelajaran formal di sekolah-sekolah maupun di berbagai tulisan sejarah lainnya.


Masjid Agung Demak

Menyadari betapa pentingnya pelurusan terhadap fakta sejarah perkembangan Islam di Indonesia, khususnya kepada generasi muda, maka Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia DPC Kota Yogyakarta, menggelar Diskusi Ilmiah bertema ”Jejak Syari’ah dan Khilafah di Indonesia”, dengan pembicara, Ekayarwati,S.Pd (Dosen Sejarah UNY) dan Reni Dwi Astuti,STP,MT (Hizbut Tahrir Indonesia).

Acara tersebut akan diselenggarakan di Aula Diknas Pendidikan Jogjakarta, pada Jum’at 6 April 2007, yang akan dihadiri oleh tidak kurang 100 undangan dari kalangan Guru, baik Sejarah; Sejarah Kebudayaan; maupun Tata Negara, Guru Agama Islam, Ormas Islam, Parpol Islam, dan umum.

Diskusi Ilmiah ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memaparkan secara ilmiah sekaligus meluruskan catatan sejarah tentang perkembangan sejarah Islam dan penerapan syariah Islam di Indonesia kepada masyarakat, khususnya para pendidik.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.