Jumat, 11 April 2014

Filled Under:

Kerajaan Romawi: Titus Livius, Plutarkhos, dan Dionysios

Titus Livius

Titus Livius (59 SM - 17 M, juga dikenal sebagai Livy) adalah seorang sejarawan Romawi yang menulis Ab Urbe condita Libri, sebuah catatan sejarah monumental mengenai Romawi dan orang-orang Romawi. Karya tersebut berisi tentang legenda seputar awal mula Kota Roma. Dia akrab dengan keluarga Julio-Claudian. Livius pernah menyarankan pada Claudius, cucu kaisar Augustus Caesar, untuk mempelajari penulisan sejarah. Livius dan istri kaisar Augustus, Livia, berasal dari kaum yang sama di lokasi yang berbeda, meskipun tidak ada pertalian darah.
Sumber
=======================================================================

Plutarkhos


Lucius Mestrius Plutarchus
Μέστριος Πλούταρχος
Parallel Lives, Amyot translation, 1565
Pekerjaan Pembuat biografi, pembuat esai, pendeta, duta besar, magistrat
Kebangsaan Yunani
Tema Biografi


Lusius Mestrius Plutarkhos (bahasa Latin: Lucius Mestrius Plutarchus, bahasa Yunani: Μέστριος Πλούταρχος; c. 46 – 120 — umumnya disebut Plutarkhos — adalah sejarawan, pembuat biografi, pembuat esai Romawi dari etnis Yunani. Plutarkhos lahir pada keluarga yang penting di Chaeronea, Boeotia, kota yang terletak sekitar 20 mil sebelah timur Delphi. Karyanya meliputi Parallel Lives dan Moralia.
Sumber
========================================================================

Dionysios dari Halikarnassos

 Dionysios dari Halikarnassos (Bahasa Yunani: Διονύσιος Ἀλεξάνδρου Ἀλικαρνᾱσσεύς, Dionysios putra Alexandros, dari Halikarnassós, sekitar tahun 60 SM - setelah 7 SM) adalah seorang sejarawan Yunani dan guru retorika, yang berkembang pada masa pemerintahan Kaisar Augustus. Ia pergi ke Roma setelah berakhirnya perang saudara, dan menghabiskan dua puluh dua tahun mempelajari bahasa dan sastra Latin dan mempersiapkan bahan untuk karya-karyanya. Selama periode tersebut, ia mengajar retorika. Tanggal kematiannya tidak diketahui secara pasti. Dia kemungkinan adalah leluhur dari Aelius Dionysius dari Halicarnassus. Karya terbesarnya adalah Ῥωμαϊκὴ Ἀρχαιολογία (Rhōmaikē archaiologia) yang berisi sejarah Romawi dari masa mitologi sampai Perang Punisia I.




 Sumber

2 komentar:

Copyright @ 2013 PEJUANG ISLAM.